topologi point to point

ok di artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai gambaran tentang topologi point to point,

apa itu point to point? point to point yaitu dimana dua jaringan internet yang bisa saling komunikasi dengan jarak jauh tanpa menggunakan kabel, contoh : saya memiliki jaringan internet yang akan saya bagikan ke orang lain dengan jarak 5 kilo meter atau lebih, dan orang tersebut nanti bisa menikmati internet tersebut tanpa kabel. untuk gambarannya yaitu lihat gambar berikut ini :

pada gambar tersebut diatas yaitu ada 2 alat yang saling komunikasi dengan jarak 13Kilo meter tanpa menggunakan kabel dan terpasang di atas ketinggian antena/tower yangjaringan wirelessnya bisa melewati gedung gedung dan pepohonan, dan kedua alat tersebut posisinya saling berhadapan dan bisa saling melihat dari kejauhan.

Untuk Ketinggian Tower nya Apa Harus Sama

mengenai dengan tinggi tower nya yaitu kita bisa menyesuaikan kondisi yang ada di lapangan, jika di lapangan banyak gedung gedung tinggi dan banyak pepohonan atau perbukitan otomatis kita butuh tower/antena yang tinggi dan usahakan tower kita lebih tinggi dari gedung, pepohonan dan perbukitan tersebut.
sebab jika tower kita tidak tinggi maka yang ada nanti proses transfer jaringan internet nya akan terganggu

Apa Saja Alat Alat Yang Perlu Dipersiapkan

mengenai alat ini sebetulnya banyak sekali, kamu bisa gunakan produknya mikroti, tp link, ubiquiti dan lain lain. 
dan alat ini nantinya sangat berpengaruh sekali, tinggal kamu sesuaikan dengan kondisi di lapangan juga, serta kebutuhan speed internet yang akan kamu minta, kecepatan internet berapa Mbps itu tergantung alatnya, kamu bisa gunakan Produknya Mikrotik seperti Mikrotik LHG, mikrotik Sxtsq Lite 5, Produknya Ubiquiti seperti powerbeam M2/M5 400, produknya Tp Link dan lain lain. semua bagus tergantung kondisi kamu di lapangan jauhnya jarak juga sangat menentukan suatu alat.

Alat Untuk mengetahui ketinggian antena point to point

sebelum memasang ketinggian antena point to point saya sarankan silahkan kamu survei lokasinya dahulu dengan menggunakan alat yang biasa saya lakukan yaitu Wifi Fresnel, aplikasi ini bisa kalian download di playstore atau bisa melalui link ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=infosatelite.fresnel&hl=in&gl=US tenang saja? aplikasi ini Free alilas GRATIS..
atau kalian bisa lihat video saya berikut ini :



Tonton Video Saya Di Channel ini

jika ingin jelas, silahkan ikuti channel youtube saya dengan klik link ini https://youtube.com/c/sharingsenet jangan lupa selalu pantau terus website ini dan juga channel youtube itu, karena di sana saya akan membahas banyak hal.
sampai jumpa di artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "topologi point to point"