#Objek
Processing adalah sebuah bahasa pemrograman berorientasi project (OOP). Dalam hal ini, object dapat dikatakan sebagai sesuatu yang memiliki properti dan dapat melakukan tindakan.
Properti dari sebuah object adalah variabel sedangkan apa yang dapat dilakukan objek disebut sebagai function.
Contoh:
Data:
- Health
- Agility
- Hit point
- Attack Strength
- Mana
Function:
- Attack
- Spellcast
- Fly
- Jump
- Ride horse
#Menggunakan object
Pemrograman berorientasi objek memungkinkan kita untuk memindahkan semua variabel (data) dan function dari program utama dan menyimpannya dalam sebuah class. Secara umum, dalam processing, bagian awal dari script yang dituliskan akan memuat data-data dari sebuah objek, misalnya variabel berjenis int, float, atau string yang mewakili sebuah karakteristik dari objek. Dalam bagian ini kita juga mendeklarasi object.
Contoh:
Player player;
int playerHealth = 100;
int playerStamina = 100;
Bagian berikutnya, seperti yang telah kita ketahui adalah setup. Bagian ini, selain dipakai untuk menentukan aspek-aspek umum dari kode kita, misalnya warna latar belakang layar (background()), ukuran layar (size(600,600)), dan sebagainya, juga dipergunakan untuk menginisiasi object, misalnya player.
Contoh:
void setup(){
background(0);
size(600,600);
player = new Player();
}
Bagian terakhir, yaitu draw() secara umum dipergunakan untuk memanggil fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah class. Fungsi-fungsi dari class ini tentu saja dapat berupa fungsi yang kita definisikan sendiri dalam file class.
Contoh:
void draw(){
background(0);
player.move();
player.attack();
player.patrol();
}
#Bagian dari class
Class secara umum terdiri dari tiga bagian utama yaitu:
- Global variables / data
- Constructor, dengan argument
- Function
#LATIHAN
void setup()
{
size( 640, 480 );
smooth();
}
void buatGrid()
{
stroke( 225 );
for ( int i = 0; i < 64; i++ ) {
line( i*10, 0, i*10, height );
}
for ( int i = 0; i < 48; i++ ) {
line( 0, i*10, width, i*10 );
}
}
void draw()
{
background( 255 );
buatGrid();
stroke( 0 );
//rect kuning
fill( 255, 255, 0 );
rect( 20, 20, 120, 120 );
rect( 180, 20, 120, 120, 20 );
rect( 340, 20, 120, 120, 20, 10, 40, 80 );
rect( 500, 40, 120, 80 );
//elipse merah
fill( 255, 0, 0 );
ellipse( 80, 240, 120, 120 );
ellipse( 240, 240, 120, 80 );
ellipse( 400, 240, 80, 120 );
//triangle biru
fill( 0, 0, 255 );
triangle( 560, 180, 620, 300, 500, 300 );
triangle( 40, 340, 140, 460, 20, 420 );
//quad cyan
fill( 0, 255, 255 );
quad( 180, 340, 300, 340, 300, 380, 180, 460 );
quad( 400, 340, 440, 400, 400, 460, 360, 400 );
quad( 500, 340, 620, 400, 500, 460, 560, 400 );
}
Posting Komentar untuk "Objek pada grafika komputer"