menghitung jarak kedua titik p1 x,y dan p2 x,y dengan rumus ecludian

disini saya akan membuat fungsi jarak yang menerima masukkan 2 buah titik p1 (x,y) dan p2 (x,y) dan menghitung jarak ke 2 titik tersebut, gunakan rumus “euclidean”.

script program c++

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
typedef struct{int X; int Y;} titik;
float HitungJarak(titik P1, titik P2);

int main()
{
    titik P1, P2;
    float jarak;

    printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);

    jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
}

float HitungJarak(titik P1, titik P2)
{
    float jarak;

    jarak = sqrt(pow((P1.X-P2.X),2) + pow((P1.Y-P2.Y),2));
    return jarak;
}
menghitung titik p1 xy dan p2 xy dengan rumus ecludian

penjelasan script

typedef struct{int X; int Y;} titik;
float HitungJarak(titik P1, titik P2);
Typedef struct digunakan untuk membentuk suatu variabel baru dengan kumpulan berbagai variabel dari type yang berbeda-beda. Dan pada typedef stuct diatas memiliki variable x, Y dan titik, variable titik yaitu untuk menghitung antara titik nilai dari variable x dan y nantinya.

int main()
{
    titik P1, P2;
    float jarak;

    printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);

    jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
}
Method main untuk menjalankan program, di dalam main tersebut terdapat endefinisian variable titik P1 dan P2, serta variable jarak yang memiliki type data float, dimana variable jarak ini nantinya untuk menampung dan menghitung dari nilai P1 dan P2. Kemudian selanjutnya akan menjalankan perintah 

printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);
perintah ini akan memberitahukan kepada compiler untuk memasukan nilai P1 dan P2 melalui keyboard, setelah compiler selesai menginputkan nilai P1 dan P2 melalui keyboard maka akan lanjut mengerjakan 

jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
dimana perintah ini yaitu untuk memanggil variable jarak dan variable hitungjarak, dimana kedua variable tersebut memiliki type data float. Fungsi perintah printf yaitu untuk menampilkan perhitungan jarak antara P1 dan P2.
Kemudian fungsi dari perintah 
float HitungJarak(titik P1, titik P2)
{
    float jarak;

    jarak = sqrt(pow((P1.X-P2.X),2) + pow((P1.Y-P2.Y),2));
    return jarak;
}
Rumus perhitungan antara P1 dan P2 yang dilakukan dengan cara memanggil pada masing-masing variable hitung jarak dan jarak. 

Kesimpulan

Euclidean sering digunakan untuk suatu perhitungan jarak, hal ini dikarenakan hasil yang diperoleh adalah jarak terpendek antara dua titik yang diperhitungkan, 
untuk mempelajari hubungan antara sudut dan jarak.  Euclidean ini biasanya diterapkan pada 2 dimensi dan 3 dimensi. Tapi juga sederhana jika diterapkan pada dimensi yang lebih tinggi.

Posting Komentar untuk "menghitung jarak kedua titik p1 x,y dan p2 x,y dengan rumus ecludian"